Tim PKM Unisri Berdayakan Literasi Berbasis Digital

0
82

Tim PKM berfoto bersama dengan para guru SDN 01 Suruh, Tasikmadu Karanganyar setelah kegiatan PKM selesai

LINTAS1.COM FOR ANDROID

LINTAS1, KARANGANYAR – Tim Pengabdian Kepada Masyarakat dari Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta yang diketuai oleh Dr. Ch. Evy Tri Widyahening, S.S., M.Hum dan anggotanya Setyasih Harini, S.IP, M.Si serta Ulupi Sitoresmi, S.S., M.Hum bekerjasama dengan SDN 01 Suruh Tasikmadu Karanganyar.

Kepala Sekolah SDN 01 Suruh Tasikmadu Karanganyar , Jarno S.Pd sebagai mitra, mengadakan pelatihan dengan tema “Memberdayakan Budaya Literasi Berbasis Digital” yang diselenggarakan di sekolah setempat pada tanggal 26-28 Juni 2019 dan dilanjutkan tanggal 3-5 Juli 2019.

Kegiatan ini didanai oleh Ditjen Dikti dalam bentuk hibah Pengabdian Kepada Masyarakat untuk pendanaan tahun anggaran 2019. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilaksanakan mulai bulan Maret 2019 ini menjawab permasalahan mitra terkait dengan budaya membaca yang masih rendah di lingkungan sekolah dengan pemenuhan buku-buku e-book dan buku-buku bacaan yang langsung dapat dinikmati banyak menarik minat siswa untuk membaca karena buku-buku, baik yang e-book ataupun cetak, memiliki muatan nilai-nilai moral serta nilai-nilai budaya bangsa Indonesia yang dikemas dan ditulis dengan bahasa yang mudah dipahami.

Kegiatan mendongeng yang dilksanakan oleh Tim PKM Unisri Surakarta, pada tanggal 17 Juli 2019

Selain itu mengubah posisi benda di ruang perpustakaan sekolah, menambah beberapa barang sehingga tercipta suasana reading for pleasure untuk siswa. Kegiatan ini juga menjawab permasalahan sekolah terkait dengan penggunaan gawai yang berlebihan yang mengakibatkan etika komunikasi yang kurang efektif di keluarga dan lingkungan.

Selain menjawab sejumlah permasalahan terkait kurangnya daya kreasi dan strategi yang dimiliki guru untuk menumbuhkembangkan minat baca siswa agar menjadi kegiatan yang menarik bagi siswa.

Kegiatan ini diakhiri dengan kegiatan mendongeng pada tanggal 17 dan 18 Juli 2019, yang diadakan di ruang perpustakaan yang sudah mengalami perubahan cukup baik, dengan melibatkan para mahasiswa Unisri sebagai pendongeng bagi para siswa.

Adapun para mahasiswa tersebut adalah Aster Pasha, Bella Vega, Anastasya Alcita, Sheren Rafaela, Ervina Niken Astrimukti, Ria Santika, Novianti Sola Skriptura, dan Diandra Varalaksita. Dongeng-dongeng diceritakan dalam bahasa Indonesia, bahasa Jawa, dan bahasa Inggris di depan para siswa dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti.

Kegiatan mendongeng ini mampu menumbuhkan antusiasme siswa untuk mendengarkan dongeng dan berinteraksi dengan para mahasiswa sebagai pendongeng. (ian)



Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.