Training Pemadaman Kebakaran favehotel Solo Baru

0
192

LINTAS1, SOLO BARU – Rabu (21/3/2018), sekira pukul 15.18 wib terjadi keriuhan, yang membuat rasa penasaran dari sebagian masyarakat yang melintas di depan favehotel Solo Baru, sehingga menimbulkan sedikit kemacetan, dan tak sedikit pula yang bertanya, serta memasang raut muka panik karena melihat mobil Damkar (Pemadam Kebakaran) terparkir di area hotel tersebut dengan beberapa petugas yang langsung dengan siap siaga membantu team dari favehotel Solo Baru memadamkan api yang timbul di lantai 3, terlihat wajah – wajah panik dari staff favehotel Solo Baru yang berkumpul di assembly point dan tepat 5 menit api dapat di padamkan.

LINTAS1.COM FOR ANDROID

Ternyata ini adalah pelatihan atau antisipasi kebakaran yang di lakukan oleh seluruh staff dan jajaran management dari favehotel Solo Baru. Bukan kejadian sesungguhnya memang. Namun sebagai bentuk simulasi cara penanggulangan bencana kebakaran.

Simulasi dilakukan dengan semua staff yang kembali ke tempat kerja masing – masing, saat mendengar bunyi alarm dengan siap dan siaga, semua staff yang sudah mengetahui tugasnya masing – masing langsung melakukan evakuasi sesuai komando dari Ika Florentina Hotel Manager favehotel Solo Baru dan tim fire bridge juga melakukan langkah pemadaman awal dengan penyemprotan ke arah gedung hotel dan semua staff sudah berumpul di assembly point, sampai menunggu tim dari PMK datang. Waktu yang tercatat kurang lebih 8 menit yang mana merupakan respon dari internal favehotel Solo Baru dan petugas PMK datang dalam waktu 12 menit.

Kegiatan yang di mulai dengan pemberian arahan dari Achmad Anwar Chief Engineer favehotel Solo Baru, kepada seluruh staff dan jajaran Head of Department mengenai tugas dan tanggung jawab setiap department terkait sesuai dengan Prosedur Training Fire Evacuation, yang mana di bagi menjadi beberapa lapisan, mulai dari team evakuasi, team penyelamat, team fire fighting, team pengamanan, team kesehatan favehotel Solo Baru, selanjutnya di informasikan mengenai perlengkapan yang di gunakan seperti baju tahan panas, tabung oksigen, kapak, apar, tandu dll.

Dan kemudian di lanjutkan dengan simulasi langsung yang mana kali ini bekerja sama dengan Petugas Pemadam Kebakaran Sukoharjo, yang mana sudah sangat terlatih dan professional dalam menanggulani kebakaran. Apabila terjadi kebakaran bagian terpenting dari evakuasi adalah kaum difable karena merupakan kelompok rentan, di lanjutkan dengan wanita, anak dan ibu hamil.

Ika Florentina Hotel Manager favehotel Solo Baru menyatakan, program ini merupakan agenda tahunan untuk melatih kesiagaan team dalam penanggulangan kebakaran. Kali ini lebih serius lagi karena melibatkan Damkar dan real scenario dengan partisipasi seluruh staff dan karyawan favehotel Solo Baru.

“Sebagai internasional hotel chain bagian dari Archipelago Internasional, favehotel Solo Baru selalu memprioritaskan safety, keselamatan kerja baik untuk tamu maupun karyawan favehotel Solo Baru,” pungkas Ika. (ian)



Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.