UNIBA Terima SK Prodi Peternakan, Menyusul Agribisnis dan Teknik Industri

LINTAS1, SOLO – Koordinator Kopertis wilayah VI Jawa Tengah, Prof. Dr. Dwi Yuwono Puji Sugiharto, M.Pd. menyerahkan SK Kemenristek Dikti NOMOR 731/KPT/I/2017 tentang Izin Pembukaan Program Studi Peternakan Program Sarjana pada Universitas Islam Batik Surakarta kepada Dr. Pramono Hadi, SP, M.Si selaku Pjs. Rektor Universitas Islam Batik Surakarta. Keluarnya SK ini menyusul SK izin pembukaan prodi Agribisnis dan Teknik Industri.

Lulusan Program studi peternakan diharapkan paham tentang syariat islam di bidang peternakan, Menghasilkan mahasiswa yang paham akan sertifikasi halal, menghasilkan mahasiswa yang siap kerja karena memiliki kompetensi atau sertifikasi halal (belum ada pada prodi/fakultas peternakan di universitas lainnya), menghasilkan mahasiswa yang mampu menghasilkan produk peternakan yang berkualitas atau tersertifikasi dan halal serta thoyyib di pasaran (menjadikan halal sebagai budaya), dan menghasilkan mahasiswa yang berjiwa kewirausahaan.

Saat ini program studi peternakan sudah melakukan penjajakan kerjasama dengan INHART University Malaysia untuk membentuk klinik halal. Sehingga, diharapkan Klinik Halal ini menjadi pusat rujukan dan acuan bagi masyarakat yang ingin mengetahui tentang makanan sehat, baik, dan halal.

Program studi Agribisnis diarahkan untuk mencetak lulusan yang memiliki kompetensi di bidang agribisnis dan entrepreneursjip. Mahasiswa dibentuk untuk memiliki kemandirian, kemampuan manajerial, analisis, membaca peluang usaha, kepekaan sosial, dan menemukan solusi tepat terhadap persoalan aktual, sejak industri hulu (sarana produksi pertanian:p produksi/farm) sampai industri hilir (industri penelolaan, pemasaran), sehingga mampu menciptakan lapangan kerja di bidang Agribisnis.

Prodi ini didukung dengan fasilitas laboratorium Agribisnis sebagai wahana pembelajaran aplikasi program analisis bisnis, manajemen produksi, marketing entrepreneurship, komunikasi bisnis dan pemberdayaan masyarakat, termasuk PKL dan magang kerja di dunia usaha dan industri.

Keunggulan yang ditawarkan oleh program studi Teknik Industri bagi mahasiswa diantaranya adalah memberikan pengetahuan di bidang Teknik Industri berbasis Green Manufacture, memiliki program internasional, membekali kemampuan untuk bekerja dalam merancang, mengimplementasikan, mengevaluasi, memperbaiki dan mengembangkan sistem integrasi antar sumber daya perusahaan, serta tentunya lapangan pekerjaan bagi lulusan yang masih terbuka lebar.

Bagi calon mahasiswa yang ingin bergabung dengan UNIBA saat ini pendaftaran mahasiswa masih dibuka pada gelombang I sampai dengan tanggal 30 Juni 2018, sedangkan untuk gelombang II dimulai dari tanggal 1 juli 2018 sampai dengan 24 Agustus 2018 dengan sistem online maupun one day service di kampus UNIBA.

Calon mahasiswa yang mendaftar bisa mendapatkan keringanan biaya pendidikan GRATIS SPK dan SPP Semester I dengan memenuhi persyaratan memiliki peringkat 1-10 di kelas, pengurus ROHIS, dan memiliki prestasi nasional dalam bidang olahraga, seni, budaya, danbagi siswa yang mampu menciptakan inovasi baru. (ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.