Universitas Veteran Gelar Ketoprak Kisah Untung Suropati

0
417

LINTAS1, SUKOHARJO – Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet) Sukoharjo semakin memantapkan diri sebagai kampus pelestari budaya bangsa. Salah satunya dengan komitmen melestarikan seni budaya ketoprak. Seperti pertunjukan ketoprak yang digelar Rabu (25/10) malam kemarin di Auditorium Univet, yang menampilkan kisah perjuangan Untung Suropati dengan judul Gregeting Kusuma Bangsa.

LINTAS1.COM FOR ANDROID

Yang membanggakan lagi, sebagian besar pemain dan pengrawitnya (penabuh gamelan) merupakan keluarga besar Univet Sukoharjo. Dengan sutradara Agus Effendi, dosen PBSD Univet. Bahkan Rektor Univet Prof Ali Mursyid ikut berakting sebagai Adipati Suropati, ayah Untung Suropati.

“Saya sangat antusias sekali saat mendapat laporan kegiatan ketoprak ini, dan sat ditawari ikut main langsung saya sanggupi. Kami ingin Univet menjadi kampus pelestari budaya khususnya Jawa.” Tandas Prof Ali Mursyid, Selasa (24/10) pada wartawan, sebelum pentas.

Gelaran seni ketoprak tersebut dihelat dalam rangka tasyakuran atas akreditasi B+ untuk Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah (PBSD) FKIP Univet. Selain gelaran seni ketoprak, juga dilaksanakan temu alumni Prodi PBSD sekaligus pelantikan pengurus alumni.

Dari pantauan di lokasi pertunjukan, nampak ruangan auditorium penuh sesak dengan para penonton, baik mahasiswa, alumni maupun warga sekitar. Hal tersebut membuktikan bahwa seni ketoprak masih diminati masyarakat dan bisa eksis ditengah perkembangan jaman.

Bambang Hermanto, salah satu warga Sukoharjo yang melihat pertunjukan menyatakan kebanggaannya saat Univet mau menghidupkan kembali seni ketoprak.

“Kalau bisa digelar secara rutin. Agar ketoprak tetap lestari dan anak cucu kita tidak melupakan ada seni ketoprak di negeri ini,” tandas Bambang. (jia)



Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.