Tari ‘Malaga’ Juarai Komsos Kreatif Kodim Sukoharjo

0
196

JATENGONLINE, SUKOHARJO – Tari ‘Malaga’ yang disajikan lima siswi dari SMAN 1 Nguter menggambarkan perjuangan prajurit perempuan, Nyi Rubiah atau juga dikenal sebagai Matah Ati, Istri Pangeran Samber Nyowo saat berjuang melawan penjajah.

LINTAS1.COM FOR ANDROID

Komposisi tari yang apik menggambarkan pejuang perempuan yang gagah berani, trampil menggunakan senjata panah dan keris, juga menunggang kuda, memukau para dewan juri dan memilih tari Malaga asuhan dari Teguh menjadi juara pertama.

“Senang bisa juara pertama, latihannya cuma seminggu saja. Semoga bisa ikut mengobarkan semangat pemuda dari bidang seni,” ungkap Dita Puspita sari salah satu penari dari SMAN 1 Nguter, usai lomba yang digelar Kamis (24/8/2017) di Makodim Sukoharjo.

Dijelaskan plh. Dandim Mayor inf Nurul Muthahar, sudah menjadi agenda tahunan Kodim 0726/Sukoharjo melaksanakan kegiatan Komsos kreatif meliputi lomba Baca Puisi, Paduan Suara & Tari Perjuangan yang diikuti oleh para siswa-siswi SLTA Se Kabupaten Sukoharjo.

“Tujuan dengan adanya Lomba ini adalah menjalin Komunikasi Sosial yang sehat dan harmonis melalui perlombaan – perlombaan, untuk meningkatkan tali silaturahmi antara prajurit TNI dengan segenap komponen masyarakat khususnya dengan dunia pendidikan dan para siswa-siswi agar terjalin keakraban & menghilangkan stigma seolah-olah ada sekat komunikasi antara dunia militer dengan dunia edukasi atau pendidikan.” kata Mayor  Nurul.

Komsos Kreatif tahun ini mengambil tema bersama rakyat TNI kuat, hebat, profesional siap mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian. Hasilnya, lomba paduan suara Juara 1 SMA 1 Sukoharjo, Juara 2 SMA 1 Mojolaban, Juara 3 SMA 3 Sukoharjo. Lomba baca puisi Juara 1 SMA 1 Mojolaban, Juara 2 SMA Tawangsari, Juara 3 SMA 1 Sukoharjo. Dan lomba tari perjuangan Juara 1 SMA 1 Nguter, Juara 2 SMA 2 Sukoharjo, Juara 3 SMA 1 Weru. (jia)



Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.