Holcim Inisiasi Kampung Sehat

0
294

Para pelajar yang menjadi Pasukan Pencari Jentik ( Pascantik ) berperan aktif untuk menjaga lingkungan bersih dan sehat.

LINTAS1.COM FOR ANDROID

LINTAS1, CILACAP – Beberapa kasus terjadinya demam berdarah yang merenggut jiwa telah meninggalkan duka yang dalam, berbagai upaya pencegahan terus diupayakan agar tidak terulang.

Salah satu upaya dan merupakan terobosan telah diinisiasi oleh Holcim dengan membangun Kampung Sehat, sebuah perkampungan dimana masyarakatnya berprilaku sehat dengan lingkungan yang sehat dan bersih.

Sebagai pilot projek atau percontohan untuk Kampung Sehat, Holcim telah memilih masyarakat yang tinggal di Jl Veteran RW 3 Kelurahan Cilacap Kecamatan Cilacap Selatan.

Di RW 3 ini ada 270 Kepala Keluarga dengan jumlah warga mencapai 949 orang terdiri dari 447 perempuan dan 502 laki-laki

“ini upaya kami bersama pemerintah daerah, masyarakat dan dunia pendidikan atau mahasiswa KKN untuk membantu masyarakat peduli dengan kebersihan dan kesehatan didalam keluarga maupun lingkungannya” ujar Deni Nuryandain, Corporate Communication.

Untuk kelancaran Kampung Sehat, lanjut Deni, telah dibentuk Pasukan Pencari Jentik (Pascantik) yang terdiri dari 30 pelajar SD kelas 4-5 dan merupakan warga dari RW 3. Mereka telah mengikuti pelatihan dan pembekalan dari Puskesmas.

Setiap bulan pasukan Pas Cantik akan rutin memeriksa setiap rumah untuk mencari jentik dan memeriksa lingkungan untuk memastikan agar tetap bersih dan sehat.

Selain Pascantik, masyarakat diajak dan diajari memanfaatkan sampah rumah tangga dengan membentuk Bank Sampah Mandiri, menanam pohon penghijauan maupun pohon produktif disekitar halaman rumah, meningkatkan budaya bersih bersih dengan rutin kerja bhakti.

“Kami juga merencanakan senam bersama secara rutin saat hari libur untuk meningkatkan kebugaran warga,“ pungkasnya, (ian)



Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.